Unggulan

Pemanfaatan Loteng Rumah

loteng rumah

Pemanfaatan loteng rumah yang sering dilakukan adalah menggunakannya sebagai tempat penyimpanan. Atau bahkan tidak digunakan sama sekali. Loteng rumah dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Tentu saja dengan beberapa hal yang harus diperhatikan dan mungkin perlu diubah sebelumnya.

Seperti beberapa hal ini yang perlu diperhatikan sebelum memanfaatkan loteng rumah anda.

Lantai Loteng

Untuk memanfaatkan loteng, anda harus mengganti plafon menjadi lantai cor atau dak dulu agar loteng lebih kuat untuk di tempati perabotan di atasnya.

Konstruksi Atap

Anda harus memperharikan kostruksi atap seperti material untuk atap, kemiringan atap, dan juga jarak antara lantai loteng dan atap. Karena hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan ruang.

Sirkulasi Udara

Udara di loteng jelas akan lebih panas dibandingkan ruang lain di rumah karena terkena sinar matahari langsung. Anda bisa menambahkan jendela untuk sirkulasi udara. Bisa juga menambahkan aluminium foil, glass wool, atau polyurethane untuk mengurangi penyerapan panas.

Pencahayaan

untuk pencahayaan, anda dapat menambahkan atap transparan. Agar tidak terlalu menyilaukan anda dapat mengaturnya seberapa besar/banyak atap transparan yang di gunakan. Tempatkan atap transparan di sisi tergelap ruangan agar tidak terlalu panas.

Akses ke Loteng

Agar mudah untuk akses ke loteng, perhatikan tangga yang digunakan. Keamanan dan juga posisi tangga penting agar tidak membuat sumpek ruangan di bawahnya.

Jika 5 hal tersebut sudah teratasi, selanjutnya anda bisa mendekorasi loteng anda seperti keinginan anda. Ada beberapa desain loteng yang bisa anda jadikan inspirasi untuk megubah loteng anda.

1. Loteng Untuk Kamar Tidur

Loteng bisa anda ubah menjadi kamar tidur minimalis. Anda bisa mendesain loteng menjadi kamar tidur sesuai keinginan anda. Gunakan perabotan minimalis dan multifungsi untuk diletakkan di kamar loteng.

kamar loteng
kamar di loteng

2. Loteng Untuk Ruang Kerja

Loteng juga bisa anda ubah menjadi ruang kerja dengan yang tenang dan mendukung. Apalagi di saat ini masih banyak yang pekerjaannya WFH (work from home) dan hybrid. Loteng yang dijadikan ruang kerja bisa jadi salah satu solusi.

ruang kerja di loteng
ruang kerja di loteng

3. Loteng Untuk Perpustakaan

Selain untuk kamar dan ruang kerja, loteng juga bisa ada ubah menjadi perpustakaan. Bila tak ada lagi ruangan untuk khusus buku, anda bisa mengubah loteng jadi perpustakaan. Anda bisa menyimpan buku-buku anda sekaligus menjadi tempat membaca yang nyaman di sana.

perpustakaan di loteng
perpustakaan di loteng

4. Loteng Untuk Ruang Keluarga / Ruang Santai

Anda bisa mengubah loteng menjadi ruang keluarga atau ruang santai yang nyaman. Anda bisa mendesain ruangan sesuai keinginan anda dan senyaman mungkin. Anda bisa bersantai dan menghilangkan penat dengan nyaman.

ruang keluarga di loteng
ruang santai di loteng

5. Loteng Untuk Tempat Penyimpanan

Dan terakhir tentu saja sebagai tempat penyimpanan. Untuk loteng yang tidak terlalu luas untuk dijadikan ruangan tertentu seperti kamar atau ruang keluarga, loteng bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan. Anda dapat menyimpan barang-barang kesayangan atau koleksi anda di loteng.

ruang penyimpanan di loteng
ruang penyimpanan di loteng

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengubah fungsi loteng anda. Serta beberapa desain yang bisa anda jadikan inspirasi dalam memfungsikan loteng di rumah anda. Baca juga artikel-artikel menarik lainnya disini, dan jangan lupa follow juga instagram PT Prospera Jaya Group untuk mendapatkan info-info terbaru.

Komentar