Jangan Beli Rumah atau Apartemen Sebelum Membaca Ini

investasi rumah atau apartemen PT Prospera Jaya (PRAYA)

Ingin membeli rumah atau apartemen untuk berinvestasi? Lebih baik mana berinvestasi pada rumah atau apartemen? Apa saja kelebihan dan kekurangan investasi pada rumah dan apartemen? Di artikel kali ini akan membahas mengenai hal itu.

Selain investasi pada emas, investasi pada properti menjadi salah satu investasi yang banyak diminati orang. Hal ini karena properti dinilai memiliki resiko yang lebih minim dan keuntungan yang lebih tinggi.

Banyak hal di bidang properti yang bisa dijadikan investasi. Seperti tanah dan bangunan. Untuk itu kali ini akan membahas investasi properti pada bangunan yaitu rumah dan apartemen. Manakah yang lebih menguntungkan antara investasi rumah atau investasi apartemen.


Investasi Rumah

Selain untuk tempat tinggal, rumah juga bisa digunakan sebagai investasi. Ini karena harga rumah yang cenderung naik setiap tahunnya. Untuk target pasar pembeli rumah sendiri biasanya dari kalangan keluarga muda yang belum memiliki rumah.

Berikut ini kelebihan-kelebihan yang di dapat dari investasi rumah:

1. Nilai kenaikan harga rumah relatif lebih tinggi tiap tahunnya.

2. Lebih mudah untuk di renovasi daripada apartemen.

3. Rumah dapat disewakan atau kamar yang kosong dapat disewakan.

4. Biasanya ukuran rumah lebih besar dari apartemen.

5. Lebih mudah untuk di jual, karena biasanya orang lebih memilih rrumah.

Walau memiliki banyak kelebihan bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Kekurangan dari investasi rumah adalah sebagai berikut:

1. Perawatan lebih banyak karena ada taman.

2. Harga sewa relatif lebih murah.


Investasi Apartemen

Investasi apartemen juga termasuk investasi properti. Sekarang ini banyak dibangun apartemen di dekat pusat perkantoran, pusat pendidikan, dan fasilitas umum. Pembangunan apartemen dilakukan di tempat-tempat strategis karena memiliki target pasar pembeli dari kalangan eksekutif muda yang menuntut mobilitas tinggi. Karena itu investasi apartemen lebih cocok untuk anda yang menargetkan keuntungan dari pasar sewa.

Berikut kelebihan-kelebihan yang didapat dari investasi apartemen:

1. Harga sewa apartemen relatif tinggi daripada harga sewa rumah.

2. Biasanya apartemen dibangun di lokasi strategis.

3. Fasilitas biasanya lebih lengkap.

Investasi apartemen memiliki banyak kelebihan, namun juga kekurangan. Berikut kekurangan dari investasi apartemen:

1. Lebih sulit direnovasi sesuai keinginan.

2. Biaya rutin lebih tinggi, karena lebih banyak fasilitas.

3. Ukuran standar apartemen biasanya lebih kecil daripada rumah

4. Nilainya appraisal biasanya lebih rendah daripada rumah jika dijadikan jaminan kredit.

5. Masalah di unit lain bisa saja berdampak ke unit apartemen yang dimiliki.


Jadi, itulah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing investasi rumah dan apartemen. Tidak masalah anda akan memilih berinvestasi dimana. Baik di investasi rumah ataupun investasi apartemen.

Namun jika ingin investasi jangka panjang, lebih baik memilih investasi rumah. Karena investasi rumah yang capital gain yang meningkat setiap tahunnya lebih tinggi.


Disclaimer:

Artikel ini ditulis oleh Tim dari PT Prospera Jaya Group (PRAYA) sebagai sarana edukasi gratis semata bukan merupakan sebuah ajakan atau anjuran untuk membeli. Hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut.

Komentar