Langsung ke konten utama

Unggulan

Pemanfaatan Loteng Rumah

Pemanfaatan loteng rumah yang sering dilakukan adalah menggunakannya sebagai tempat penyimpanan. Atau bahkan tidak digunakan sama sekali. Loteng rumah dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Tentu saja dengan beberapa hal yang harus diperhatikan dan mungkin perlu diubah sebelumnya. Seperti beberapa hal ini yang perlu diperhatikan sebelum memanfaatkan loteng rumah anda. Lantai Loteng Untuk memanfaatkan loteng, anda harus mengganti plafon menjadi lantai cor atau dak dulu agar loteng lebih kuat untuk di tempati perabotan di atasnya. Konstruksi Atap Anda harus memperharikan kostruksi atap seperti material untuk atap, kemiringan atap, dan juga jarak antara lantai loteng dan atap. Karena hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan ruang. Sirkulasi Udara Udara di loteng jelas akan lebih panas dibandingkan ruang lain di rumah karena terkena sinar matahari langsung. Anda bisa menambahkan jendela untuk sirkulasi udara. Bisa juga menambahkan aluminium foil, glass wool, atau polyurethane

Tips Praktis Agar Rumah Sejuk Alami

 Musim kemarau sudah mulai datang. Apa rumah anda terasa panas? Atau terasa pengap? Apalagi cuaca sudah mulai sering panas akhir-akhir ini. Di cuaca yang panas seperti ini pasti lebih nyaman untuk berada di rumah saja. Untuk menghindari panas, bisa disiasati dengan menggunakan AC atau kipas angin. Tapi itu akan membuat listrik anda boros.

Karena itu, dalam artikel kali ini, kami akan membahas trik-trik yang bisa anda gunakan agar rumah anda terasa lebih sejuk alami, sehingga anda lebih nyaman di rumah dan juga tanpa pemborosan pada listrik.


1. Ventilasi Silang.

rumah sejuk dengan ventilasi silang pt prospera jaya

Ventilasi silang adalah salah satu trik arsitektural yang digunakan untuk membuat rumah tidak panas dan lembab. Ventilasi silang ini bisa berupa pintu atau jendela, hal ini untuk membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik. Dengan sirkulasi udara yang mengalir lancar akan membuat suhu panas cepat mengalir keluar digantikan dengan udara bersih yang sejuk.


2. Tanaman dalam ruangan.

rumah sejuk dengan tanaman di dalam rumah, pt prospera jaya group

Meletakkan tanaman di dalam rumah juga dapat digunakan sebagai cara membuat rumah menjadi sejuk. Dengan adanya tanaman yang diletakkan di dalam ruangan dapat membantu menyejukkan ruangan serta bisa memfilter udara beracun. Anda bisa menggunakan tanaman lidah mertua, aglaonema, palem kuning, sirih gading, atau yang lainnya.


3. Pemasangan Tirai.

rumah sejuk dengan tirai, pt prospera jaya group

Pemasangan tirai di jendela digunakan untuk mengurangi sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Sinar matahari yang masuk melalui jendela akan membuat rumah terasa lebih panas. Selain itu penggunaan tirai yag tepat juga dapat memberikan kesan ruangan lebih luas.

4. Gunakan warna yang cerah untuk tembok dan perabot.

rumah sejuk dan luas dengan tembok warna cerah, pt prospera jaya group

Gunakan warna cerah untuk cat tembok dan juga warna perabotan anda. Warna cerah dapat membuat ruangan berkesan lebih luas, dan juga dapat mengurangi panas matahari. Jangan menggunakan warna gelap karena gelap akan menyerap panas matahari sehingga ruangan akan menjadi panas dan berkesan suram. Gumakan warna- warna seperti warna pastel, putih, biru, dan hijau untuk warna dinding dan perabotan anda.


5. Kolam ikan bisa membuat udara lebih sejuk.

rumah sejuk dengan kolam, pt prospera jaya group

Ingin suasana tenang, damai, dan sejuk untuk rumah anda? Tambahkan saja kolam ikan. Suara gemericik air akan memberikan suasana sejuk dan tenang di rumah anda. Anda juga dapat melepaskan stres anda dengan memberi makan atau bermain dengan ikan. Membuat kolam ikan juga dapat mengurangi nyamuk karena ikan dapat memakan jentik-jentik nyamuk yang ada di kolam.


6. Pohon di taman rumah.

rumah dengan pohon dihalaman, pt prospera jaya group

Tanamlah pohon di halaman rumah anda. Adanya pohon tidak hanya menjadi peneduh dari sinar matahari, namun juga membuat udara di sekitar rumah anda menjadi lebih bersih. Hal ini sangat efektif untuk menurunkan suhu udara di rumah anda. Dengan adanya pohon rumah anda akan terasa lebih sejuk dan juga mempercantik halaman rumah anda.


PT Prospera Jaya Group juga menerapkan konsep-konsep ini di semua perumahan, ruko dan kos kami di area Tembalang, Semarang. Karena kami sangat peduli dengan kenyamanan dan kepuasan anda pada produk dan layanan kami.


Anda dapat menghubungi team kami untuk mendiskusikan produk perumahan, ruko, dan kos terbaru yang sejuk ataupun untuk tips-tips lain mengenai properti.


Silahkan hubungi kami di nomor 0816.299.768, Kami akan dengan senang hati berdiskusi dengan anda.


Dari: Team PRAYA (PT Prospera Jaya Group)

Komentar