Langsung ke konten utama

Unggulan

Pemanfaatan Loteng Rumah

Pemanfaatan loteng rumah yang sering dilakukan adalah menggunakannya sebagai tempat penyimpanan. Atau bahkan tidak digunakan sama sekali. Loteng rumah dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Tentu saja dengan beberapa hal yang harus diperhatikan dan mungkin perlu diubah sebelumnya. Seperti beberapa hal ini yang perlu diperhatikan sebelum memanfaatkan loteng rumah anda. Lantai Loteng Untuk memanfaatkan loteng, anda harus mengganti plafon menjadi lantai cor atau dak dulu agar loteng lebih kuat untuk di tempati perabotan di atasnya. Konstruksi Atap Anda harus memperharikan kostruksi atap seperti material untuk atap, kemiringan atap, dan juga jarak antara lantai loteng dan atap. Karena hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan ruang. Sirkulasi Udara Udara di loteng jelas akan lebih panas dibandingkan ruang lain di rumah karena terkena sinar matahari langsung. Anda bisa menambahkan jendela untuk sirkulasi udara. Bisa juga menambahkan aluminium foil, glass wool, atau polyurethane

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menanam Pohon Di Halaman

Hal yang perlu diperhatikan saat menanam pohon

Pohon mempunyai manfaat yang sangat banyak. Sebagai peneduh, sumber oksigen, mengurangi polusi, dan bisa diambil buahnya jika itu adalah tanaman buah-buahan. Juga membuat kesan asri tidak terlalu panas dan gersang. Tidak heran jika banyak orang yang ingin menanam pohon di sekitar rumahnya, seperti halaman ataupun di pekarangan. Dengan banyaknya manfaat pohon di halaman rumah, ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam penanaman pohon. Menanam pohon yang dapat tumbuh besar dan teduh, pastinya juga memiliki akar yang besar dan melebar juga. Inilah hal-hal yang harus di perhatikan sebelum menanam pohon di halaman

1. Perhatikan Jenis Tanaman dan Perakarannya

Dalam menanam pohon di halaman rumah, perhatikan jenis tanaman dan perakarannya. Pohon yang rindang dan memiliki dahan yang melebar pasti mempunyai akar yang melebar juga. Contohnya seperti pohon mangga dan pohon tabebuya, pohon-pohon rindang ini memiliki akar besar yang melebar juga, berbeda dengan pohon palem yang memiliki akar merambat dan tidak besar.

perhatikan jenis pohon dan akar

2. Mengatur Jarak Pohon Dengan Bangunan

Atur jarak dalam menanam pohon di halaman ataupun di pekarangan rumah agar tidak terlalu dekat dengan bangunan rumah. Bukan hanya karena akarnya yang bisa merusak pondasi rumah. Tapi juga bahaya jika bohon itu ambruk dan menimpa bangunan rumah. Karena itu jangan lupa untuk memberi jarak antara pohon besar dan bangunan.

hitung jarak pohon dan rumah

 

3. Mengatur Jarak Pohon Dengan Jalanan dan Utilitas Umum

Bila ingin menanam pohon di halaman rumah yang dekat dengan jalanan, perhatikan utilitas umum yang ada di sekitar. Seperti tiang listrik, pemipaan di bawah tanah, dan drainase jalan (got). Atur jarak pohon yang akan kita tanam agar tidak mengganggu utilitas umum yang ada. Akan gawat jika dahan pohon mengenai kabel listrik, akar menghancurkan pipa di bawah tanah, atau tumpukan daun yang menyumbat saluran drainase.

jarak pohon dan utilitas umum

 

4. Jangan Sampai Dahan dan Daunnya Jatuh di Halaman Tetangga

Setiap pohon pasti ada masanya menggugurkan daunnya. Usahakan jangan sampai dahan dan daun yang berguguran mengotori halaman rumah tetangga. Karena hal itu mengganggu pemandangan dan kebersihan halaman. Tidak masalah jika memiliki tetangga yang baik yang tidak mempermasalahkan hal tersebut. Beda cerita jika memiliki tetangga yang tidak suka karena merasa terganggu dengan sampah daun yang berjatuhan di halamannya. Hal ini akan membuat hubungan anda dan tetangga anda menjadi tidak akur.

tempat daun yang gugur

5. Pemangkasan Secara Berkala

Untuk pohon yang mempunyai dahan melebar dan rindang, anda perlu secara berkala melakukan pemangkasan dahan. Selain mencegah dahan-dahan pohon menyebar terlalu jauh, juga agar pohon tidak mudah roboh bila tertiup angin kencang.

pemangkasan berkala pada pohon rindang

 

6. Rajin Membersihkan Sampah Daun di Talang dan Di Atap

Dengan adanya pohon besar di dekat bangunan rumah, besar kemungkinan akan ada daun dan ranting yang terjatuh atau tertiup ke atap rumah. Periksa dan bersih kan sampah daun dan ranting yang terdapat di atap rumah agar tidak menyumbat talang air.

pembersihan daun di talang

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menanam pohon di halaman rumah ataupun di pekarangan rumah. Semoga info ini dapat membantu anda dalam memilih dan menempatkan pohon yang ingin anda tanam di halaman maupun di pekarangan rumah.

Follow instagram PT Prospera Jaya untuk mendapakan info-info dan tips-tips lainnya.



Komentar