Langsung ke konten utama

Unggulan

Pemanfaatan Loteng Rumah

Pemanfaatan loteng rumah yang sering dilakukan adalah menggunakannya sebagai tempat penyimpanan. Atau bahkan tidak digunakan sama sekali. Loteng rumah dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Tentu saja dengan beberapa hal yang harus diperhatikan dan mungkin perlu diubah sebelumnya. Seperti beberapa hal ini yang perlu diperhatikan sebelum memanfaatkan loteng rumah anda. Lantai Loteng Untuk memanfaatkan loteng, anda harus mengganti plafon menjadi lantai cor atau dak dulu agar loteng lebih kuat untuk di tempati perabotan di atasnya. Konstruksi Atap Anda harus memperharikan kostruksi atap seperti material untuk atap, kemiringan atap, dan juga jarak antara lantai loteng dan atap. Karena hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan ruang. Sirkulasi Udara Udara di loteng jelas akan lebih panas dibandingkan ruang lain di rumah karena terkena sinar matahari langsung. Anda bisa menambahkan jendela untuk sirkulasi udara. Bisa juga menambahkan aluminium foil, glass wool, atau polyurethane

Atap Dak Beton Atau Atap Genteng? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

 

intro atap rumah dak dan genteng

 

Ingin membangun atau merenovasi atap rumah. Namun bingung ingin membuat atapnya menjadi atap dak beton atau genteng saja. Jangan bingung, ini dia beberapa kelebihan dan kekurangan dari atap dak dan juga kelebihan dan kekurangan atap miring untuk menjadi pertimbangan anda dalam membangun rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Dak Beton 

1. Memiliki Banyak Fungsi

Atap dak beton memiliki banyak fungsi. Anda dapat menggunakan atap dak menjadi tempat menjemur pakaian. Bisa menjadi taman dengan menaruh pot bunga atau tanaman-tanaman yang ingin anda tanam. Bisa juga menjadi tempat bersantai besama dengan keluarga, dan lain sebagainya.

2. Sangat Kuat dan Tidak Mudah Rusak

Atap dari dak beton sangat kuat dan tidak mudah rusak walau diterpa aingin kencang dan badai sekalipun. Atap dak tahan terhadap hujan maupun panas. Atap dak juga meminimalisir kemungkinan kebocoran dan akan lebih baik lagi bila di lapisi dengan cat anti air.

3. Perawatannya Sangat Mudah

Perawatan dari atap dak juga termasuk mudah dilakukan. Anda dapat langsung membersihkan atap di atap langsung seperti di lantai. Begitu juga dengan pengecatan ataupun perbaikan atap dak.

kelebihan rumah dengan atap dak beton

Kekurangan Menggunakan Atap Dak Beton

1. Pengerjaan Atap Dak Beton Sangat Rumit

Dibandingkan dengan pembuatan atap model lain, atap dak beton harus dikerjakan dengan sangat teliti. Mulai dari kemiringan yang harus benar, kerapatan yang tepat dan cor beton yang sesuai. Hal ini agar di atap tidak ada air menggenang, kebocoran, ataupun keropos.

2. Rawan Tergenang air

Seperti yang sudah di sebutkan di nomor 1, apabila kemiringan atap dak tidak benar, apalagi permukaannya tidak rata, dapat menyebab air menggenang di atap. Dan anda juga harus memastikan saluran air tidak mampet agar air mengalir dengan lancar ketika hujan sehingga tidak terjadi genangan.

3. Harga Cukup Mahal

Untuk membuat atap dak beton, anda membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan atap miring. Hal ini karena anda harus memilih beton yang digunakan memiliki kualitas yang bagus agar atap dak beton bisa sangat kuat, kokoh, dan tahan hingga bertahun-tahun.

kekurangan rumah atap dak beton

Kelebihan dan Kekurangan Atap Genteng

1. Dapat diterapkan untuk Semua Jenis Bangunan Rumah

Atap genteng memiliki kecocokan untuk semua jenis rumah. Ada dapat menggunakan atap miring atau genteng walau rumah anda dari kayu maupun dari tembok.

2. Mampu Melindungi Panas

Kelebihan lain dari atap miring menggunakan genteng adalah melindungi dari panasnya matahari, sehingga waktu siangpun anda tidak akan terlalu kepanasan.

3. Udara Mudah Masuk

Kelebihan ketiga ini berhubungan juga dengan kelebihan kedua. Atap miring atau atap genteng memiliki pori-pori dan juga celah di bawah genteng sehingga pertukaran udara lebih lancar. Hal ini membuat rumah tidak panas ataupun pengap dan lembab.

kelebihan rumah dengan atap genteng

 

Kekurangan Penggunaan Atap Genteng

1. Sangat Mudah Rusak

Dibandingkan dengan atap dak beton, atap miring menggunakan genteng lebih rentan rusak. Saat terjadi angin kencang atau badai, atap genteng dapat pecah atau bergeser hingga terjadi kebocoran.

2. Warna Mudah Pudar

Selain sangat rentan dan kurang kokoh, atap genteng juga mudah berubah warnanya. Dalam beberapa waktu bila terkena panas hujan terus menerus warna genteng dapat berubah

3. Harus Membongkar Genteng Apabila Rekonstruksi Bangunan

Berbeda dengan atap dak yang apabila ada mau meninggikan bangunan rumah anda, anda dapat langsung menambahkannya diatasnya. Namun bila itu atap miring atau atap genteng, anda harus membongkar semua atapnya terlebih dahulu.

kekurangan dari rumah atap genteng

 

Jadi sebaiknya Memilih Atap Dak Beton atau Atap Genteng?

Dari penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan atap dak beton dan atap genteng di atas, manakah yang anda pilih? Untuk segi kualitas dan keamanan mungkin lebih baik bila memilih atap dak beton. Apalagi kalau anda memiliki rencana untuk meninggikan rumah anda kedepannya. Namun bila tidak ada rencana untuk meninggikan rumah lagi, atau dana yang akan anda gunakan terbatas, anda dapat memilih atap genteng saja.

rumah dengan atap dak dan genteng

Namun jika anda masih bingung untuk memilih antara atap dak beton atau atap genteng saja, mengapa tidak keduanya saja. Memiliki atap setengah atap genteng dan setengahnya lagi atap dak beton juga membuat rumah terlihat aestetik.

atap rumah dengan tipe genteng dan dak

 

 

Komentar